Home Game Konsol Manisnya Senyum Mereka Menghiasi “Warung Kopi” Final Fantasy VII Remake

Manisnya Senyum Mereka Menghiasi “Warung Kopi” Final Fantasy VII Remake

141
Final Fantasy VII Remake

Kami mendapatkan informasi baru dari Square Enix mengenai Final Fantasy VII Remake. Melalui rilis media yang Playnect terima, kita bisa melihat detail beberapa karakter, seperti Tifa Lockhart dan Barret Wallace, kemudian penjelasan mengenai sistem pertarungan, materia, fitur summon, dan juga salah satu area awal gim ini, slum di Sector 7. Selain itu, Square Enix juga telah mengungkapkan seperti apa desain sampul gim ini untuk versi Amerika Utara dan Eropanya nanti. Ok, langsung saja kita lanjutkan ulasan Final Fantasy VII Remake ini. Untuk bagian sebelumnya, kalian bisa cek langsung tautan di bawah:

Ini Detail Dua Edisi Khusus Final Fantasy VII Remake untuk Indonesia

Tifa Lockhart (disuarakan oleh Ayumi Ito)

Final Fantasy VII Remake Final Fantasy VII Remake

Seorang anggota organisasi anti-Shinra AVALANCHE. Dia juga membuka usaha bar yang dikenal dengan nama “7th Heaven” di daerah kumuh Sector 7. Meskipun menentang Shinra Company, dia tidak sepenuhnya setuju dengan rencana penghancuran Mako Reactor yang saat ini dijalankan oleh Avalanche. Sementara perasaannya campur aduk, dia bersatu kembali dengan teman masa kecilnya Cloud.

Barret Wallace (disuarakan oleh Masahiro Kobayashi)

Pemimpin organisasi anti-Shinra AVALANCHE. Barret diasingkan dari kelompok AVALANCHE yang asli karena tindakannya yang berbahaya. Sejak itu, dia terus bekerja secara mandiri dengan rekan-rekannya di Midgar. Meskipun dia biasanya berkontribusi pada permukiman kumuh di Sector 7, karena wilayah ini menjadi pendukung semua operasinya di MIdgar, dia juga dikenal sebagai seorang ayah yang sangat menyayangi putrinya, Marlene.

Sistem Pertarungan

Untuk yang satu ini, ditangani langsung oleh Tetsuya Nomura dan Mitsunori Takahashi, yang mana keduanya telah bekerjasama mengembangkan sistem pertarungan action pada serial Kingdom Hearts dan Dissidia 012 Final Fantasy.  Bagaimana sentuhan mereka untuk gim remake ini? Awalnya ketika gim ini diperlihatkan pertama kali tahun 2015 lalu, kesan gim asli Final Fantasy VII terasa hilang. Namun ketika Square Enix memperlihatkannya kembali selama acara E3 2019, kita mendapatkan kembali fitur Active Time Battle (ATB) yang legendaris itu. Ada gauge ATB yang perlahan terisi, atau bisa dipercepat untuk membuatnya penuh dengan melakukan serangan.

Kali ini Square Enix menambah penjelasan mengenai sistem ini. Kalian perlu mengalisa kelemahan dan pola aksi musuh, dan memilih sihir atau magic dan kemampuan ability karakter yang tepat. Menurut Square Enix, ini adalah sistem pertempuran strategis yang memadukan tindakan intuitif dengan basis sistem pertempuran berbasis perintah pada tipikal Final Fantasy. Kalian bisa memberikan perintah pada karakter dengan mengonsumsi “ATB Gauge,” yang terisi perlahan seiring waktu, atau, berdasarkan aksi karakter. Perintah yang bisa kalian berikan pada karakter meliputi “Ability,” “Magic,” dan “Item.”

Tactical Mode

Dengan membuka menu command selama pertempuran, maka karakter akan memasuki “Tactical Mode,” dimana waktu akan melambat dan kalian memiliki waktu untuk memikirkan strategi yang tepat. Dari menu perintah, kalian dapat memilih “Ability,” “Magic,” “Item,” dan “Limit Skill.”  Tentukan kelemahan musuh dan pelajari situasi pertarungan sebelum kalian memilih perintah selanjutnya.

Shortcut

Command bisa kalian daftarkan pada tombol sebagai jalan pintas, sehingga untuk menggunakannya cukup tekan tombol tersebut memungkinkan kalian untuk menggunakannya tanpa membuka menu command. Dengan mengatur aommand apa yang sering digunakan, kalian bisa lebih menikmati pertarungannya seperti gim action tanpa gangguan harus membuka-buka menu command.

Stagger

Gauge di bawah gauge HP musuh adalah gauge Stagger. Gauge ini bertambah seiring kalian menyerang, dan ketika terisi penuh, musuh bakal masuk kondisi tergoncang atau stagger. Dalam kondisi tersebut, musuh tidak bisa beraksi, dan bahkan menerima efek kerusakan serangan kalian lebih parah lagi.

Beberapa ability sepertin Focused Thrust milik Cloud, dibuat lebih efektif dalam membuat musuh masuk kondisi stagger.

Ally Command

Kalian bisa mendapatkan kendali penuh atas anggota tim lainnya selama pertarungan dengan hanya satu tekanan tombol saja. Kamu juga dapat memerintahkan mereka untuk melakukan tindakan tertentu dengan menggunakan tombol L2 / R2 untuk mengakses menu perintah mereka dalam Mode Tactical.

Kalian dapat menggunakan kemampuan Barret sambil tetap mengendalikan Cloud.

Limit Break

Seiring karakter menerima kerusakan dari serangan musuh selama pertempuran, Limit Gauge bakal terisi secara bertahap, dan pada akhirnya memungkinkan karakter untuk mengeksekusi kemampuan hebat yang unik untuk setiap karakter.

Limit Break Tifa – Somersault

Limit Break Barret – Fire in the Hole

Materia

Dengan menempelkan materia ke senjata atau kostum karakter, mereka bisa memperoleh kemampuan baru dan menyesuaikan karakter lebih lanjut. Ada banyak jenis materia yang eksis, dari yang memberi kemampuan sihir untuk mendukung pertarungan, serta ada juga beberapa yang memungkinkan untuk memanggil makhluk legenda yang kuat untuk membantu dalam pertempuran.

Selain itu, beberapa item telah terhubung dengan materi slot, yang memungkinkan materia tertentu untuk berinteraksi satu sama lain dan menghasilkan efek yang unik dan mengejutkan.

Dua materia yang disinggung Square Enix adalah Magic dan Support. Mereka mencontohkan materia magic Lightning, yang memberika kemampuan untuk menggunakan sihir berelemen petir atau lightning. Jenis Materia ini bisa dinaikkan levelnya dengan cara sering menggunakannya, memungkinkan karakter nantinya bisa menggunakan sihir lightning yang lebih kuat, seperti Thundara dan Thundaga.

Materia Magic lainnya adalah Time, yang memungkinkan karakter memanipulasi jalannya waktu. Sihir Haste bisa mempercepat gerakan rekan bertarung, sementara Slow bisa memperlambat atau mencegah musuh melakukan serangan.

Memadukan materia Ice dan Elemental pada pedang besar Cloud bakal membuat serangan standar karakter ini juga memiliki efek kerusakan es.

Jenis materia lainnya yang sudah diperkenalkan adalah Support Materia, dengan salah satu contohnya, Elemental. Ketika materia ini dipadukan dengan materia yang memiliki aspek elemen, maka materia ini bisa digunakan untuk menambah kekuatan materia dengan elemen yang bersangkutan pada senjata, atau bisa juga memberi pertahanan tambahan atas elemen tersebut kepada baju pelindung karakter.

Kalian bisa memerintahkan para makhluk summon untuk melancarkan serangan yang kuat, dan kini melakukannya bakal memotong gauge ATB.
Serangan Ultimate Ifrit – Hellfire

SummonMateria jenis ini ketika kalian pasangkan ke karakter, otomatis memunculkan satu gauge ATB tambahan. Ketika dipenuhi, kalian bisa memanggil makhluk summon yang bersangkutan untuk bertarung bersama karakter. Berbeda dengan bagaimana eksekusi summon pada game aslinya, di sini mereka terus bertarung bersama karakter secara mandiri. Begitu gauge-nya habis, mereka juga otomatis keluar dari pertarungan.

Ifrit

Makhluk summon legendaris pertama yang dikenalkan adalah perwujudan api, Ifrit, yang juga dianggap sebagai iblis jahat yang menyamar. Jika “dibangunkan”, dia dan apinya tidak mengenal ampun, dan tidak akan meninggalkan apa pun kecuali abu .

Dunia Final Fantasy VII Remake

Square Enix juga memperlihatkan beberapa gambar yang menunjukkan lokasi penting di permulaan gim ini. Lokasi tersebut dibuat ulang untuk versi remake ini dengan kualitas detail yang sangat tinggi. Menurut Square Enix, bakal ada banyak area yang dalam gim aslinya tidak bisa dijelajahi, kini telah ditambahkan dan bisa kalian akses.

Sector 7 Slums

Ini sisi kumuh dari kota Midgar, terutama Sector 7 yang begitu megah. Slum Sector 7 dibangun dari sisa pembuangan barang yang tidak terpakai di Midgar. Berada di bawah Sector 7 , slum identik dengan langit baja yang berhiaskan kabut asap. Di sini kalian temukan bar, atau mungkin bahasa bekennya, Seventh Heaven, dan juga yang penting kalian datangi di awal gim, Beginner’s Hall, tempat dimana mereka yang menyebut area kumuh ini sebagai rumah, berkumpul.

Seventh Heaven

Lokasi yang paling ikonik dari area kumuh Sector 7. Selalu ramai, dan mereka yang datang ke “warung kopi” ini selalu mencari minuman favorit Cosmo Canyon cocktail dan juga senyum manis bartendernya, Tifa. Satu mini game dart bisa kalian temui di sini. Ramainya tempat ini juga hanya sebagai kedok, karena ketika tutup, Seventh Heaven adalah lokasi favorit para pemberontak AVALANCHE untuk merencanakan aksi mereka.

Paket Final Fantasy VII Remake untuk Indonesia

Harga retil yang disarankan untuk gim ini, khususnya untuk versi Asian Localized Version / Asian English Version yang dirilis juga di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Versi fisik Standard Edition dijual dengan harga Rp829,000
  • Versi Deluxe Edition dijual dengan harga Rp1,189,000
  • Versi 1st Class Edition dijual dengan harga Rp5,239,000
  • Versi digital Standard Edition dijual dengan harga Rp754,000
  • Versi digital Deluxe Edition dijual dengan harga Rp1,189,000

Baca ulasan kami sebelumnya di sini untuk lebih detail mengenai paket penjualan gim ini.

Ini Detail Dua Edisi Khusus Final Fantasy VII Remake untuk Indonesia

Sebagai tambahan informasi, kalian yang memeasan awal setiap versi gim ini, juga bakal menerima “Chocobo Chick” Summon Mateira DLC saat gimnya dirilis. Kemudian yang memesan awal versi digitalnya melalui PlayStation Store juga mendapatkan tema Dynamic Theme untuk sistem PlayStation 4.

Desain sampul gim ini untuk versi Amerika Utara dan Eropanya nanti.

Play Arts Kai Cloude Strife da Hardy Daytona (terpisah) yang menjadi bagian bonus dari Final Fantasy VII Remake 1st Class Edition. Paket termahal, dan juga yang paling layak untuk dikoleksi.

Bonus “Chocobo Chick” Summon Materia DLC untuk kalian yang memeasan awal setiap versi gim ini.

Bonus Summon Materia DLC “Cactuar” untuk yang membeli Final Fantasy VII Remake Deluxe Edition.

Bonus Summon Materia DLC “Carbuncle” untuk yang membeli Final Fantasy VII Remake 1st Class Edition.

Kalau yang di atas, desain Dynamic Theme untuk dashboard PlayStation 4. Pesan awal gim ini melalui PlayStation Store untuk mendapatkannya.

Final Fantasy VII Remake dikembangkan dan diterbitkan oleh Square Enix untuk PlayStation 4. Game ini nantinya bakal dibagi menjadi beberapa bagian, dengan yang pertama dijadwalkan untuk dirilis pada 3 Maret 2020. Kami sendiri berpikir positif, Square Enix ingin memberikan kualitas remake terbaik, sehingga sampai harus membagi game ini menjadi beberapa bagian. Gim aslinya yang dirilis tahun 1997 silam juga mencakup tiga bagian disc, walaupun saat itu dalam format CD sih.

Kalian mengikuti kisah Cloud Strife, seorang tentara bayaran saat dia dan kelompok teroris yang mengatasnamakan lingkungan dalam aksinya, Avalanche, berperang melawan perusahaan raksasa Shinra dan juga mantan prajurit Shinra, Sephiroth. Satu visual yang cukup jelas menggambarkan aksi Cloud Strife ini tergambar pada gambar utama gim ini, yang selama TGS 2019 kemarin juga dirilis ulang dengan desain yang baru.

Final Fantasy VII Remake dikembangkan dan diterbitkan oleh Square Enix untuk PlayStation 4. Game ini nantinya bakal dibagi menjadi beberapa bagian, dengan yang pertama dijadwalkan untuk dirilis pada 3 Maret 2020. Kami sendiri berpikir positif, Square Enix ingin memberikan kualitas remake terbaik, sehingga sampai harus membagi game ini menjadi beberapa bagian. Gim aslinya yang dirilis tahun 1997 silam juga mencakup tiga bagian disc, walaupun saat itu dalam format CD sih.