Home Gadget Resmi, Ini Detail Peluncuran Samsung G̶a̶l̶a̶x̶y̶ ̶S̶1̶1̶ Galaxy S20!

Resmi, Ini Detail Peluncuran Samsung G̶a̶l̶a̶x̶y̶ ̶S̶1̶1̶ Galaxy S20!

82

Yup, memang ini masih rumor, namun banyak fakta baru mengarahkan pada penggantian nama ke Galaxy 20. Samsung sendiri telah resmi menjadwalkan acara Galaxy Unpacked 2020 pada 11 Februari di San Francisco untuk meluncurkan keluarga Galaxy S20 dan Galaxy Fold 2 (bukan 18 Februari seperti rumor sebelumnya).

Seperti yang kalian lihat pada video undangan di atas, Samsung mengatakan akan meluncurkan perangkat inovatif baru. Berdasarkan rumor terkini, mereka dikatakan melompat dari penamaan Galaxy S10 ke Galaxy S20. Samsung Galaxy S20, Galaxy S20+, Galaxy S20 Ultra (belum banyak informasi untuk yang satu ini) dan Galaxy Fold 2 diharapkan lahir pada acara tersebut.

Undangan resmi Unpacked 2020 ini memberi petunjuk adanya dua jenis smartphone yang diumumkan.
Dan jawabannya adalah, S20 dan Fold 2

Galaxy S20

Seperti informasi yang sudah beredar sebelumnya, flagship ini akan menggunakan sensor kamera terbaru ISOCELL, 108MP 1/1.33-inch ISOCELL Bright HMX untuk kamera utama bersama dengan tiga kamera lainnya berlensa telefoto 5x, lensa ultra wide-angle, dan Time-of-Flight 3D. Ada dua kabar berkembang, sensornya 4 (tetra) atau 5 (penta). Namun dengan mendekati tangg peluncuran serta gambar render hanya memunculkan 4 sensor kamera, maka kita bisa kuburkan saja harapan penta-camera. Menemani modul kamera yang (duh) menonjol, ada lampu flash LED dan laser autofocus.

Sumber: OnLeaks

Gambar di atas merupakan gambar asli dari render bagian Galaxy S20+. Terlihat penataan kameranya lebih rapi, vertikal, dua baris. Di baris sisi kiri ada kombinasi lensa ultra-wide-angle, kamera utama, dan lensa zoom optic 5x dengan mekanisme periscope. Di sisi kanan kemungkinan besar hanya memuat sensor 3D ToF dan flash LED.

Sumber: OnLeaks

Semua tipe dikabarkan pakai mesin Qualcomm Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kapasitas baterainya sendiri telah terungkap setelah Samsung mengajukan part tersebut untuk sertifikasi di lembaga pengujian keamanan di pemerintah Korea. Galaxy S11 bakal gunakan baterai 4,500 mAh (Battery ID – EB-BG985ABY), meningkat 700 mAh dibandingkan pada Galaxy S10.

Galaxy S20+

Versi bongsor ini sudah diketahui bakal gunakan baterai jumbo 5000mAh (Battery ID – EB-BG988ABY), meningkat 900mAh dibandingkan Galaxy S10+. Layarnya Dynamic AMOLED 6,9 inci Quad HD+. Mirip dengan Galaxy Note 10 / Note10+, Galaxy S20 Plus juga memiliki kamera swafoto punch-hole di tengah-atas layar. Di bodinya, ada tombol daya dan tombol volume pada sisi kiri dan speaker di sisi bawah. Fingerprint ada di balik layar.

Sejauh ini disebutkan dimensi S20 Plus mencapai 166,9 x 76 x 8,8 mm dengan tonjolan kamera membuat bodinya makin tebal hingga 10,2 mm. Sebagai perbandingan, raksasa Note 10 Plus dimensinya 162.3 x 77.2 x 7.9 mm dengan layar 6.8 inch. Oh ya, S20+ dikabarkan juga hanya datang dengan pilihan konektivitas 5G saja, tanpa ada yang 4G. Semoga saja ya, chipset 5G-nya juga hanya Snapdragon, agar kita mendapatkan varian Snapdragon di Indonesia.

Awas! Jangan Tergiur Harbolnas 1212, Galaxy S11 Segera Hadir

Galaxy Buds+

Samsung juga diharapkan bakal memperkenalkan Galaxy Buds+ denpan fitur seperti port USB Type-C, dukungan pengisian cepat, dan pengisian nirkabel yang mirip dengan pendahulunya, dan kemungkinan juga fungsi Ambient Noise Cancellation (ANC) agar membuatnya lebih nyaman digunakan, misalnya, sambil berolahraga atau di luar ruangan untuk meminimalkan suara angin atau bisingnya keadaan sekitar.

Galaxy Fold2

Animo pengguna ponsel atas Galaxy Fold yang baru dijual Samsung Indonesia pekan lalu memang mengejutkan. Meskipun ditawarkan di harga Rp30, ponsel dengan layar unit model lipat tersebut terbukti masih layak dipinang. Terbukti menurut klaim Samsung Indonesia, Fold pertama ini ludes hanya dalam 31 menit saja.

Sumber: Weibo

Samsung sendiri saat ini dipercaya tengah mengerjakan Samsung Galaxy Fold 2, yang rumornya, menggunakan desain layar lipat clamshell ala HP jadul. Kabar mengenai smartphone clamshell ini telah muncul sejak Samsung menggelar Samsung Developer Conference 2019 (SDC19) pada bulan Oktober lalu. Sekarang penampakan awalnya telah bocor. Terlihat desain ponsel yang terlipat secara vertikal untuk membentuk sebuah model candybar seperti tipikal smartphone kekinian. Lebih kompak tentunya ketika ditutup. Gambar ini juga menunjukkan kamera swafoto ngumpet di balik lubang punch-hole di sisi tengah-atas layar.

Samsung Siapkan Galaxy Fold 2, Berapa Harganya?

Mengamati gambar di atas, kami juga melihat ada kamera ganda di luar dan layar kecil yang akan menunjukkan waktu. Dari modelnya, ponsel ini jelas akan bersaing dengan Motorola Razr baru yang diperkenalkan bulan lalu.

Sumber: Weibo

Satu informasi baru lainnya, dapat dipastikan bahwa Galaxy Fold2 ini akan menggunakan pelindung kaca ultra tipis pada layar untuk pertama kalinya di dunia, menggantikan bahan plastik. Layarnya terlihat lebih rata dan lapisan kaca juga membuat kerutannya lebih sedikit.

Sepertinya ini adalah bahan pelapis layar yang tepat untuk ponsel yang dapat dilipat.
Rumor sebelumnya mengungkapkan bahwa ponsel ini diberi nama kode ‘Bloom’ dengan nomor model SM-F700F, dan dikatakan menampilkan layar lipat 6,7 inci dan layar di folder luar 1 inci. Rumor baru-baru ini mengatakan akan menggunakan sensor gambar ISOCELL Bright HMX 108MP 1 / 1,33 inci untuk kamera utama.