Home Game Tim Pengembang Borderlands 3 di Indonesia Bakal Ungkap Excitement Berkarir di Industri...

Tim Pengembang Borderlands 3 di Indonesia Bakal Ungkap Excitement Berkarir di Industri Gim

Komunitas Game Developer Jogja atau yang lebih dikenal dengan GameLan untuk kali ke 7 akan kembali ikut serta dalam kegiatan tahunan Global Game Jam 2020 yang dijadwalkan pada 31 Januari 2020 hingga 2 Februari 2020. Pada kesempatan kali ini GameLan akan berkolaborasi dengan AccelByte, sebuah startup di Yogyakarta yang terlibat dalam pengembangan game Borderlands 3.

Tentunya AccelByte sebagai perusahaan yang bergerak dalam industry gaming, dengan team engineer di Yogyakarta, Indonesia, ingin mendukung developer muda di Indonesia untuk berkembang, tapi tidak hanya itu, AccelByte juga ingin mengedukasi dan memberikan tips-tips dari teknologi yang mungkin belum diketahui oleh rekan-rekan developer muda.

Game Jam sendiri adalah kegiatan berkolaborasi membuat game dalam waktu yang relatif singkat, biasanya dalam 48 atau 72 jam. Kegiatan ini terbuka untuk umum, siapa saja yang memiliki ketertarikan dalam pengembangan game dan berusia 18 tahun keatas dipersilahkan bergabung. Untuk peserta yang berusia dibawah 18 tahun diwajibkan untuk didampingi oleh orang tua atau wali.

Global Game Jam adalah game jam terbesar di dunia dan berlangsung secara serentak di berbagai lokasi yang tersebar diseluruh dunia. Tahun 2019 setidaknya 113 negara dan lebih dari 47.000 peserta turut berpartisipasi dan menghasilkan lebih dari 9000 game.

Global Game Jam Jogja 2020 akan berlokasi di kantor AccelByte, yang beralamat di Sahid J-Walk, Lantai 1.Jl. Babarsari no 2, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendaftaran peserta dapat dilakukan dengan mengunjungi tautan berikut : http://bit.ly/ggj2020jogja

Kegiatan game jam ini akan dilaksanakan secara non-stop dari Jumat (31 januari 2020) siang hingga Minggu (2 Februari 2020) sore, peserta akan membuat kelompok berdasarkan ide game yang mereka sukai dan berkolaborasi selama 48 jam. Peserta dipersilahkan untuk bermalam dilokasi pun bisa pulang dan kembali ke lokasi di keesokan harinya.

Diakhir acara seluruh tim peserta akan mempresentasikan karyanya dan seluruh game beserta source code-nya akan diunggah ke situs globalgamejam.org agar dapat dinikmati oleh seluruh warga net diberbagai penjuru dunia.

“Dengan diadakannya Global Game Jam, kami berharap agar peserta bisa menjajal langsung, bereksperimen, dan berkolaborasi untuk menciptakan game yang mereka sukai. Bagi saya sendiri GGJ merupakan momen kick-start yang sangat efektif dan fun untuk berkenalan dengan dunia game development.” jelas Mochammad Rizal Saputra selaku Ketua GameLan – Komunitas Game Developer Jogja.

Kembali mengadakan Global Game Jam adalah salah satu cara yang GameLan dan AccelByte lakukan untuk meningkatkan excitement dalam hal karir di gaming Industry. Jika menilik pada data yang ada, saat ini Gaming industry sendiri lebih profitable dibandingkan industri musik dan movie combined. Bagi siapapun yang mau menekuni karirnya di industri game, industri ini sangatlah menjanjikan.