Home Game Ternyata Kisah The Witcher Terinspirasi dari Dongeng Dunia

Ternyata Kisah The Witcher Terinspirasi dari Dongeng Dunia

Kisah the Witcher yang epik ternyata juga mengadaptasi dari banyak dongeng dunia terkenal loh!

[SPOILER ALERT] Kisah the Witcher yang diadaptasi menjadi sebuah serial televisi Netflix memang menakjubkan. Meskipun diawali dengan beberapa plot membingungkan, akan tetapi keseluruhan ceritanya cukup epik. Dari berbagai penggalan cerita dan karakternya, tampaknya sang penulis naskah terinspirasi dengan berbagai dongeng dunia.

Charge! Ini 9 Kamen Rider Pengguna Kapak Sebagai Senjata Pamungkas!

Menurut Lauren Schmidt, semua naskah yang ia susun tersebut menyadur dari kisah novel aslinya yang ditulis oleh Andrzej Sapkowski. Jadi bisa dibilang novelis asal Polandia tersebut juga menyukai kisah fantasi dari dongeng-dongeng yang ada di dunia. Nah mari kita bedah dongeng dunia mana saja yang mendasari kisah the Witcher.

Snow White and Seven Dwarf

Kisah The Witcher

Kisah the Witcher pertama yang terinspirasi dari kisah dongeng adalah kisah Renfri. Ia muncul di episode pertama seri the Witcher yang diusung Netflix dengan judul The End’s Beginning. Dalam episode ini, memang karakter Renfri hanya muncul sebagai sosok manusia yang lahir pada saat gerhana matahari. Ia dikabarkan memiliki hubungan dengan Lilith, iblis pembawa kehancuran.

Namun jika kamu membaca kisah Renfri dalam cerita singkat “The Lesser Evil,” karakter wanita yang satu ini memiliki kesamaan dengan kisah Snow White atau putri Salju. Renfri memang lahir pada saat gerhana mantahari, tetapi ia sepenuhnya manusia. Sayang ibu tirinya yang justru membuat dirinya menjadi monster.

Kisah The Witcher

Rasa cemburu ibu tirinya, membuatnya ingin sekali membunuh Renfri. Salah satunya adalah dengan bekerjasama dengan Stregobor yang terobsesi dengan Lilith. Namun sebelum sampai ke Blaviken, ada berbagai percobaan pembunuhan yang dilakukan ibu tirinya. Renfri pun sempat lari ke hutan untuk hidup dan dibantu oleh para kurcaci hutan. Ibu tirinya pun sempat mengirim apel beracun untuknya.

Sebelumnya, the Witcher Netflix akan mengusung cerita orisinal yang melibatkan ibu tiri Renfri. Namun karena skripnya diubah, proyek itu akhirnya ditinggalkan. Mereka memakai kisah Renfri yang lebih ringan sebagai pembuka serial televisi the Witcher Netflix dengan plot sangat kompleks. 

Hans My Hedgehog

Kisah The Witcher

Pada episode keempat the Witcher yang berjudul Of Baquets, Bastards, and Burials terdapat beberapa karakter baru yang muncul. Salah satunya adalah Dunny, ksatria muda yang ternyata dikutuk menjadi seekor mahkluk berwajah landak. Pada akhir episode, Dunny yang mencium Paveta sang putri ratu Cintra berubah wujud menjadi ksatria tampan.

Kisah the Witcher yang terlepas kutukannya ini mungkin mengingatkan kita pada dongeng Beauty and the Beast. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar karena sebenarnya kisah ini terinspirasi dari dongeng Jerman. Dikisahkan oleh Brother Grimm, kisah manusia landak ini tertulis dalam judul Hans My Hedgehog!

Kisah The Witcher

Kisah orisinalnya, ada seorang pedagang sangat ingin memiliki keturunan, meskipun bukan seorang manusia. Akhirnya permintaannya terkabul, ia diberi keturunan yang bentuknya manusia landak bernama Hans. Setelah dewasa, Hans berkesempatan menolong dua raja yang tersesat di hutan. Kedua raja itu menjanjikan hadiah, putri mereka.

Namun raja pertama mengingkari janjinya, sang putri pun akhirnya terluka parah karena tusukannya. Sementara putri dari raja kedua akhirnya menikah dengan Hans. Seperti kisah dongeng lainnya, pada akhirnya Hans dapat melepaskan kutukan dengan membakar kulitnya. Ia menjadi seorang tampan rupawan bak pangeran.

Kisah percintaan antara Dunny dan Paveta ini tertulis di kisah pendek “A Question of Price” dalam novel The Last Wish.

Penasaran dengan dongeng lain yang menginspirasi kisah the Witcher? Yuk mampir ke halaman berikutnya!