Home Game Ternyata Kisah The Witcher Terinspirasi dari Dongeng Dunia

Ternyata Kisah The Witcher Terinspirasi dari Dongeng Dunia

Alladdin and Enchanted Lamp

Kisah The Witcher

Ketika Geralt tidak bisa tidur suatu malam, ia akhirnya mencari kegiatan yaitu dengan memancing lampu ajaib. Lampu ajaib ini merupakan sebuah segel dari Djin yang memiliki kemampuan sihir kuat. Saking kuatnya, Djin ini bisa membantu tuannya untuk mengabulkan tiga permintaan yang diajukan. Sementara itu Yenefer yang mengetahui keberadaan Djin juga ingin memiliki kekuatannya.

Jika kalian sadar, kisah the Witcher ini mirip dengan kisah Alladdin dan lampu ajaib dari dongeng timur tengah. Djin yang muncul di Alladdin memiliki sihir sangat kuat dan mampu mengabulkan tiga permintaan tuannya, mirip dengan Djin di serial TV ini. Sementara Yennefer ini mirip sekali dengan Jafar, ia sama-sama penasehat kerajaan dan terobsesi dengan kekuatan dari Djin tersebut.

Meskipun Andrzej Sapkowski mengambil Djin sebagai salah satu jenis monster di dunia fantasi miliknya itu, ia mengubah wujudnya. Djin di the Witcher digambarkan sebagai salah satu roh yang termasuk jenis elementa. Mereka tidak terlihat jelas, tidak dapat berubah wujud menjadi sosok manusia. Beberapa penyihir dapat menangkap dan memanipulasi kekuatan mereka untuk kepentingan pribadi.

Sthriga

Kisah The Witcher

Sthriga merupakan mahkluk mitos yang menjadi banyak cerita dongeng di negera Albania. Diceritakan mereka memang semuanya adalah wanita, penyihir jahat yang memiliki sifat vampirisme. Mereka menjadi penyihir jahat karena tidak punya keturunan dan juga menjadi iri hati. Sthriga dapat berubah bentuk menjadi serangga, lalu menyedot darah manusia ketika mereka tidur.

Manusia yang terkena racun dari gigitannya dipastikan akan mati, sebab hanya Sthriga sendiri yang memiliki penawarnya. Mereka memiliki mata setan yang berbahaya jika bertatapan langsung. Penduduk Albania meyakini bahwa garam dan bawang putih dapat menjadi senjata untuk melumpuhkan matanya tersebut.

Sementara itu, di kisah the Witcher, Sthriga sedikit berbeda dari mahkluk orisinalnya. Memiliki nama sama, Sthriga merupakan mahkluk yang lahir karena kutukan. Wanita yang memiliki sakit hati dan terkena kutukan ini dapat berubah menjadi monster dengan wajah mengerikan. Mereka berburu manusia pada saat bulan purnama saja.

Historia Regnum Britannium

The Witcher

Kisah the Witcher tentang spesies langka naga emas ini mirip dengan kisah Uther Pendragon ketika ia menjadi raja pertama Britonia. Ketika memenangkan peperangan melawan Paschent dan pasukan dari Saxon, ia Uther mendapatkan julukan Pendragon. Dari nama itu ia melandasi pemerintahannya dengan landasan dua naga emas.

Sementara di episode Rare Species, Geralt tidak pernah bertemu dengan naga emas. Namun Borch, seorang ksatria pemburu naga mengatakan bahwa ada dua naga emas yang hidup di Continent. Sementara itu Borch sendiri ternyata adalah salah satu dari naga emas tersebut yang bernama asli Villentretenmerth.

How They Met Themselves

The WitcherPada episode kelima dari the Witcher adaptasi Netflix kita dikenalkan terhadap karakter baru yang unik. Karakter ini dijuluki the Adonis, ia sangat menyukai keindahan tubuhnya dan selalu berusaha mencapai cantik sempurna.

Mereka adalah monster yang mengkoleksi tubuh manusia. Mereka juga mampu berubah bentuk menyerupai sesosok manusia dengan cepat. Bahkan juga dapat meniru mimik suara dan mendapat ingatan targetnya.

The Witcher
Perubahan wujud Adonian menjadi sasaran korbannya.

Pada episode kelima ini, Adonis dipanggil dengan julukan Doppler, merujuk spesies yang dapat mengubah bentuknya tersebut. Dari namanya saja sudah pasti merupakan adaptasi dari mahkluk mitologi Jerman, Doppelgänger.

Mahkluk ini memang sering dibicarakan di Eropa. Salah satu kisah yang paling terkenal di Eropa adalah pada lukisan How They Met Themselves dari Dante Gabriel Rossetti. Lukisan tersebut menceritakan seorang ksatria dan pasangannya yang bertemu replika mereka di hutan.