Home CheckPoint Pertimbangan Virus Corona, Sony hingga Vivo Batal Ikuti MWC 2020 di Spanyol

Pertimbangan Virus Corona, Sony hingga Vivo Batal Ikuti MWC 2020 di Spanyol

MWC 2020
Sumber: Gadgets.ndtv

Wabah virus corona masih belum teratasi sampai saat ini. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah virus corona tipe baru atau 2019-nCoV sebagai situasi darurat global atau Public Health Emergency of International Concern. Sejak dimulai bulan lalu, penyebaran virus telah mencapai hampir 20 negara, membuat ribuan orang sakit, dan berdampak pada perjalanan juga bisnis di seluruh dunia.

Imbasnya, beberapa acara game besar yang bakal diadakan di Tiongkok dibatalkan, seperti Taipei Game Show 2020 dan Overwatch League. Selain itu, meskipun tidak diadakan di Tiongkok, salah satu pameran ponsel terbesar yang juga segera berlangsung pada 24 Februari 2020 mendatang di Barcelona Spanyol, Mobile World Congress (MWC) 2020 juga terkena dampaknya. Beberapa produsen ponsel dan komputer dunia yang sebelumnya sudah mematikan ikut buka  kios pameran, memutuskan membatalkan keikutsertaannya dengan pertimbangan risiko yang mungkin akan terjadi.

Mereka yang sudah mengumumkan mengundurkan diri dari MWC 2020 antara lain LG, Sony, NVIDIA, Amazon, Intel dan juga Vivo.

Sony secara resmi mengeluarkan pernyataan bahwa mereka menarik diri dari Mobile MWC setelah wabah virus corona terus merebak. Sebagai gantinya dari langkah absen dari Barcelona, Sony menggelar acara mereka sendiri, yaitu konferensi pers online yang berlangsung pada 24 Februari 2020 melalui saluran resmi Xperia YouTube.

Demikian pula NVIDIA dan Amazon juga tidak menghadiri MWC dan telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai hal yang sama. Kemudian Vivo, yang sebelumnya juga berencana mengumumkan flagship baru, Vivo Apex 2020 selama MWC, tampaknya harus menyiapkan revisi kapan ponsel tersebut bakal diresmikan. Seri sebelumnya disambut sangat baik, apalagi dengan tubuh nyaris tanpa bezel, lubang, dan juga semua bagian layarnya bisa memindai sidik jari.

Sumber: Tlay

Sementara MWC bakal berlangsung dalam beberapa minggu lagi, kita tinggal menunggu apalah bakal ada perusahaan lain yang juga ikut mundur dari acara tersebut. GSMA selaku pihak yang mengadakan acara MWC juga telah mengeluarkan pernyataan dan telah mencantumkan langkah-langkah keamanan tambahan yang dilakukan yang mencakup:

  • Semua wisatawan dari provinsi Hubei di Tiongkok tidak akan diizinkan mengakses acara tersebut
  • Semua wisatawan yang pernah berada di Tiongkok, perlu menunjukkan bukti bahwa mereka telah berada di luar Tiongkok 14 hari sebelum acara (seperti dengan cap paspor, sertifikat kesehatan)
  • Disediakan alat pendeteksi suhu tubuh
  • Peserta juga harus memastikan diri jika mererka tidak pernah melakukan kontak dengan siapa pun yang terinfeksi virus

Sumber: Gadgets.ndtv