Home Game Konsol 5 JRPG Klasik yang Menampilkan Mekanika Battle Terbaik

5 JRPG Klasik yang Menampilkan Mekanika Battle Terbaik

534

JRPG klasik yang menghadirkan mekanika pertempuran yang unik mulai hilang. Berikut kelima game yang menampilkan mekanika pertarungan terbaik.

Era 90-an merupakan zaman emas dari JRPG klasik yang menampilkan pertarungan Turn-Based. Saat itu pertarungan bergilir derajatnya lebih diterima daripada game action. Justru dari pertarungan berdasar command itulah game yang penjualannya paling laris. Namun mungkin mekanika battle seperti itu saat ini mulai dianggap kuno dan ketinggalan.

| Baca Juga: Tipe Gamer yang Paling Dibenci Gamer Pada Umumnya

Selama tiga dekade ini, ada banyak sekali JRPG klasik yang memiliki mekanika battle turn-based yang keren. Nah berikut ini merupakan JRPG klasik yang menurut saya memiliki elemen turn-based terbaik. Bahkan kini mulai jarang sekali terlihat.

Xenogears (PSX)

JRPG klasik
sumber: brightrockmedia.com

JRPG klasik pertama yang menurut saya paling brilian dalam segi pertarungan adalah Xenogears. Sistem pertarungan game ini adalah menggabungkan 3 tombol yang ada di DS PSX untuk menyerang. Setiap tombol membutuhkan beberapa point serangan. Namun jika kamu berhasil memasukan kombo dengan benar, maka tiap karakter akan mengeluarkan Death Blow!

Death Blow sendiri merupakan kombinasi serangan khusus yang memiliki animasi serangan berbeda. Misalnya Fei Fong Wong, karakter utama kita disini adalah ahli bela diri menggunakan pukulan tangan. Kamu bisa memasukan beberapa kombo serangan untuk menyerang. Salah satu Death Blow yang paling kuat adalah Yamikei (X, segitia, X).

Menariknya, setiap karakter memiliki kombinasi Death Blow berbeda-beda. Jadi pemain harus menghapal setiap jurus-jurus dari masing-masing karakternya. Namun tenang saja, jika pemain lupa, ada sebuah opsi dimana pemain bisa melihat kombinasi jurus yang bisa kamu gunakan setelah menekan tombol DS PSX-mu.

Sementara itu, setiap karakter di Xenogears juga memiliki mecha masing-masing. Ada perbedaan pertarungan ketika menggunakan mecha. Untuk mekanika pertarungannya masih mirip, hanya saja kali ini setiap pilihan seranganmu mengurangi “Fuel.” Selain itu, untuk kombinasi serangannya lebih terbatas.

Saat ini, jarang sekali kita temui sebuah game turn-based. Apalagi sebuah game yang mampu mengkombinasikan serangan untuk menciptakan sebuah jurus yang mematikan. Apalagi ditambah dengan robot yang memiliki jurus terpisah.

Legend of Dragoon (PSX)

JRPG Klasik
sumber: vgnetwork.it

Mungkin sebagian dari gamer era 90-an mengingat bagaimana susahnya pertarungan di Legend of Dragoon. JRPG Klasik yang satu ini memiliki mekanika pertarungan yang cukup unik dimana pemain bisa memilih jurus (addition) terlebih dahulu. Makin kuat jurus yang mereka pilih, maka kombinasi serangannya makin susah, akan tetapi kerusakan dan bonus SP yang di dapat lebih tinggi.

Setiap jurus yang dimiliki antar karakter akan berbeda satu sama lain. Jadi itulah tantangan lebih dari permainan ini. Jurus-jurus awal hanya memiliki dua hingga tiga serangan saja, pemain harus menekan tombol X atau O sesuai dengan alunan serangannya. Jika berhasil, maka jurus akan dikeluarkan dan sang tokoh utama akan menyebutkan jurusnya, MADNESS HERO!!

Jika pemain gagal menekan tombol, maka jurus additional tersebut akan gagal sehingga tidak memberikan kerusakan maksimal. Oh ya, Sistem SP yang diberikan juga mampu membuat karaktermu berubah menjadi sosok legenda Dragoon, ksatria naga. Setiap Dragoon sendiri memiliki kemampuan unik yang tidak sesimpel menekan tombol saja loh!

Dragoon memiliki jenis serangan biasa dan magic. Keduanya juga memerlukan ketepatan pemain dalam menekan tombol X dengan benar. Jika gagal, maka seranganmu tidak akan efektif. Jenis mekanika pertempuran seperti ini sudah tidak ada lagi. Padahal sangat amat epik!

Jika kamu tertarik untuk menyimak game JRPG klasik lain yang juga menghadirkan pertarungan turn-based keren, maka kamu harus cek halaman selanjutnya.