Home Game Mobile Vainglory, Game Moba Mobile Tertua Akhirnya Tumbang!

Vainglory, Game Moba Mobile Tertua Akhirnya Tumbang!

93

Vainglory akhirnya akan tumbang pada akhir Juli 2020. Berbagai hal sudah ditempuh, Moba mobile tertua ini tetap tidak mampu bertahan.

Mungkin banyak orang yang tidak mengenal Vainglory, sebab game ini bisa dibilang terlalu awal perilisannya. Game Moba ini awalnya hanya dirilis untuk iOS pada tahun 2014 silam, dikembangkan dan dirilis oleh Super Evil Mega Corp (SEMC). Lalu dirilis untuk Android pada tahun 2015.

Namun saat itu, tampaknya belum banyak warga di Indonesia yang menggunakan Android sebagai ponsel utama. Bahkan banyak Android yang kala itu masih belum mencukupi memainkan game ini dengan smooth. Nah, akhirnya game ini kurang mendapatkan atensinya di Indonesia.

Sementara di luar, game ini cukup sukses. Berbeda dengan Moba PC kala itu, game ini hanya menampilkan mode permainan 3 lawan 3. Cukup simpel, akan tetapi elemen Moba yang disuguhkan cukup kental dan bahkan lebih inovatif.

Vainglory bisa dibilang merupakan adaptasi game mobile yang memberikan pengalaman bermain moba persis di PC. Sayangnya, game ini kalah telak dengan Mobile Legends yang muncul dengan sistem kontrol analog. Disusul dengan game Moba analog lainnya seperti Arena of Valor.

vainglory

Game ini pun sempat mendapat dukungan dari NetEase dan dibantu Rouge Game Inc dalam pengembangannya lebih lanjut. Pada tahun 2017 mereka mengembangkan permainan dari 3 vs 3 menjadi 5 vs 5 dan rilis pada tahun 2018. Mereka juga mengembangkan game ini untuk di rilis di PC dan Mac.

Namun dari semua percobaan, akhirnya gagal. NetEase pun merasa kehilangan harapan dengan Vainglory. Yap, tentu saja karena mereka telah ketinggalan dalam merilis mode permainan 5 vs 5 yang sudah didahului pesaingnya. Apalagi game ini tidak menjual diĀ  pasar Asia.

Pada April 2020, pengembang yang kali ini bernama Rouge Game Inc sudah tidak berminat untuk meneruskan game ini. Hal ini dikarenakan game ini sudah tidak berprofit lagi, sementara untuk membuka server dan menjaganya perlu biaya tinggi. Untuk itulah mereka menetapkan untuk menutup server pada 28 Juli 2020 nanti.

Untungnya, SEMC masih berbaik hati. Mereka menyerahkan server ini kepada komunitas mereka yang masih cinta kepada game ini. Yap, meskipun tidak akan ada hero atau update baru, akan tetapi pemain setidaknya masih bisa memainkan game moba yang satu ini.

Pihak SEMC akan membimbing komunitas untuk melakukan trasnfer data dan server ini. Mereka menyebut update kali ini dengan sebutan Vainglory: Community Edition.