Home CheckPoint Mengenal 9 Jenis Pedang Jepang yang Digunakan Para Samurai

Mengenal 9 Jenis Pedang Jepang yang Digunakan Para Samurai

Pedang Jepang sering disebut samurai, apakah benar? Yuk perluas wawasan kita dengan mengenal berbagai jenis pedang dari Jepang beserta namanya. Bahkan salah satu pedang Jepang ini cukup dikenal di serial anime Naruto. Pedang apakah itu?

Sering kali kita menyebut pedang Jepang dengan Samurai. Namun hal ini kurang tepat, karena jika kita lihat dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Samurai berarti “aristokrat Jepang dari golongan ksatria (prajurit).” Sementara pedangnya sendiri disebut pedang Samurai.

Sumber: wccftech

Sebenarnya pedang samurai terdiri dari berbagai jenis menurut bentuk dan sejarahnya. Kebanyakan netizen mengatakan bahwa pedang milik samurai itu adalah Katana. Apakah benar demikian? Belum tentu. Yuk kita pelajari jenis-jenis pedang Jepang.

CHOKUTO dan TSURUGI

pedang jepang
3D pedang Tsurugi. Sumber: sketchfab

Keduanya merupakan pedang Jepang paling kuno, yang diadaptasi dari pedang ala China Kuno sebelum abad ke 9. Keduanya merupakan pedang lurus panjang yang memiliki gagang relatif pendek. Selain itu ada logo di hulu pedangnya, sebagai penanda kepada siapa mereka tunduk.

Keduanya dibuat tanpa metode melipat dan pengerasan diferensial, sehingga dianggap kurang kuat saat dipakai bertarung. Beda antara kedua pedang itu adalah bagian yang dipertajam. Chokuto adalah pedang lurus dengan satu sisi tajam, sementara Tsurugi kedua sisinya tajam.

Tsurugi lebih dikenal banyak orang daripada Chokuto. Hal ini dikarenakan ada senjata Tsurugi yang terkenal di legenda Jepang bernama Kusanagi. Pedang ini ditemukan di kepala ular raksasa oleh Susanoo. Pedang ini akhirnya digunakan oleh banyak penerus kerajaan Yamato di Jepang. Tentu saja sebagai pedang legenda, ada banyak cerita di dalamnya.

pedang jepang
sumber: Swishandslash

Kusanagi juga merupakan senjata yang dipakai oleh Sasuke Uchiha di serial anime Naruto loh! Sementara itu Susanoo yang menemukan pedang ini juga merupakan avatar yang dibentuk oleh Sasuke melalui chakra-nya. Ditambah Amaterasu yang menyimpan pedang ini juga merupakan dewi matahari yang diadaptasi menjadi kemampuan Sasuke dalam menyerang elemen api. Semuanya saling terkait bukan?

TACHI

pedang jepang
Sumber: hanbonforge

Tachi merupakan pedang yang sudah dipakai oleh feudal Jepang sejak abad 9 hingga 15. Tachi berarti pedang panjang, yang panjangnya beragam mulai dari 2,2 meter hingga 3,7 meter. Pedang ini berbentuk melengkung, dan biasanya dibawa di bagian bawah punggung penggunanya.

Berbeda dengan Katana, Tachi biasanya digantungkan di belakang dengan ujung pedang kebawah. Hal ini mengoptimalkan para ksatria penunggang kuda dalam menggunakannya. Pedang ini masih diproduksi hingga abad ke 19. Meski beberapa pengguna pedang lebih memilih Katana. Beberapa pengguna Tachi juga bisa memotong pedangnya untuk dijadikan Katana.

KODACHI

pedang jepang
Sumber: amazon canada

Tachi yang berukuran pendek, bahkan ukurannya kurang dari 60 cm. Kodachi merupakan pedang yang ukurannya tetap, dan disandingkan dengan tachi. Banyak ahli pedang mengatakan, bahwa Kodachi sebenarnya lebih pantas disebut belati daripada pedang. Meski ukurannya pendek, pedang ini dipakai sebagai senjata utama bukan sebagai senjata kedua (pengganti).

ODACHI

pedang Jepang
Norimitsu Odachi, sumber: twitter

Tachi yang berukuran sangat panjang, mirip dengan miao dao dari China Kuno atau Claymore dari Eropa. Pedang ini memiliki panjang 90 cm (3 shaku), yang tentu saja sangat berat untuk digunakan dalam menyerang. Odachi biasanya digunakan untuk menyerang bagian bawah musuh. Pedang Jepang ini juga digunakan dalam menyerang pasukan berkuda, dengan memotong kaki kuda musuh.

KATANA

pedang jepang
Sumber: ALi Express

Katana merupakan pedang Jepang yang bentuknya melengkung. Panjangnya lebih dari 60 cm, biasanya kurang dari 80 cm. Pedang ini memiliki sarung pedang yang biasanya bisa diikat di sabuk Obi, di bagian pinggang penggunanya. Katana juga memiliki pegangan pedang yang cukup panjang, sehingga dapat dipegang dua tangan.

Pedang ini menjadi ukuran standard saat ini. Katana sendiri merupakan penyempurnaan dari Tachi, yang semula lebih panjang. Pedang ini pertama kali diproduksi pada abad ke 15. Berbagai ahli pedang dari barat mengatakan, bahwa Katana merupakan pedang terbaik dari militer Jepang.

sumber: Nintendo

Katana merupakan pedang paling dikenal oleh banyak orang. Seperti Tsurugi, ada legenda yang membuat Katana menjadi terkenal. Pedang Murasama dan Masamune adalah dua pedang Katana yang paling dikenal sepanjang masa. Murasama sendiri dianggap sebagai “Katana Terkutuk,” yang hingga kini dianggap haus darah.

Penasaran dengan jenis pedang Jepang lain yang digunakan oleh para samurai? Kamu bisa cek lanjutannya di halaman selanjutnya yah!