Home Animanga My Hero Academia Tayang di RTV Dengan Dub Indonesia, Begini Impresinya!

My Hero Academia Tayang di RTV Dengan Dub Indonesia, Begini Impresinya!

Sumber: Pinterest

My Hero Academia tayang untuk pertama kalinya di RTV pada Sabtu (18/07) kemarin. Bagaimana impresinya?

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya anime My Hero Academia tayang di RTV pada 18 Juli 2020 kemarin. Tentu saja lengkap dengan dubbing Indonesia.

Banyak penggemarnya yang sudah menanti-nantikan, sekaligus penasaran bagaimana wujud anime My Hero Academia yang tayang di TV lokal dengan dubbing Indonesia. Meski mereka sudah menonton versi Jepangnya.

| Baca Juga: CATAT! Ini Jadwal Tayang Anime My Hero Academia di RTV

Ini impresi kami setelah menonton episode perdana My Hero Academia di RTV!

Kesan pertama, dubbing bahasa Indonesia terdengar cukup memuaskan. Meski ada beberapa suara yang bisa dibilang tidak cocok. Beberapa karakter suaranya terdengar tua untuk ukuran karakter anak SMA.

| Baca Juga: Yuk Nonton Trilogi Mobile Suit Gundam Secara LEGAL dan GRATIS!

Yang patut dipuji menurut pendapat kami, adalah suara dari Bakugo, yang bisa dibilang lumayan bagus performanya, walau mungkin bisa ditingkatkan lagi kegarangannya.

Suara Uraraka sendiri juga sudah pas. Secara keseluruhan, meski banyak orang yang tidak menaruh harapan tinggi pada anime dub Indonesia, namun kali ini cukup memuaskan. Setelah sekian lama tidak mendengar anime dub Indonesia, rasanya seperti kembali ke tahun 90-an!

my hero academia rtv
Sumber: My Hero Academia/RTV

Hal lain yang patut diacungi jempol adalah lagu pembuka dan penutupnya, yang tidak diubah dari aslinya. Jadi kita tetap bisa mendengarkan lagu yang memang sangat memanjakan telinga itu. Walau mungkin ada yang berharap, versi Indonesia seperti jaman dulu yang begitu khas.

| Baca Juga: Pemeran Eren di Attack on Titan, Haruma Miura Meninggal Dunia

Karena ini tayang untuk pasar dan penonton Indonesia, maka sebagian istilah dalam bahasa asalnya diubah ke bahasa Indonesia. Misalnya saja penggunaan kata ‘quirk’ yang diganti menjadi kekuatan super, lagu ‘hero’ yang diubah menjadi pahlawan, dan ‘villain’ yang diubah menjadi penjahat. Sah-sah saja, karena sebutan-sebutan tersebut bakal lebih akrab di telinga para penonton di Indonesia.

Apalagi menayangkan anime di TV lokal seperti ini, targetnya tidak hanya fans lama saja, namun juga anak-anak yang mungkin belum mengenal anime Jepang, dan akan menjadi fans baru.

my hero academia rtv
Sumber: My Hero Academia/RTV

Namun karena ini tayang di TV lokal Indonesia, maka sudah bisa dipastikan adanya sensor. Seperti luka di badan All Might, yang menurut saya tidak perlu karena akan sedikit mempengaruhi impresi penonton terhadap para ‘villain’ atau penjahat, di mana ketika melihat seriusnya luka All Might, maka para penonton bisa membayangkan betapa kuat lawan yang dihadapinya.

| Baca Juga: Anime Dr. Stone Season 2 Akan Tayang di Bulan Januari 2021!

Anime My Hero Academia tayang di RTV setiap hari Sabtu dan Minggu, pukul 6 sore, di mana masing-masing hari mereka menayangkan dua episode sekaligus. Jadi jangan sampai ketinggalan ya menonton lanjutannya. (*)