Home Movie Yuk Nonton! Ini Dia Episode Upin Ipin Spesial Idul Adha

Yuk Nonton! Ini Dia Episode Upin Ipin Spesial Idul Adha

Upin Ipin Idul Adha
Sumber: Les Copaque

Hari Raya Idul Adha akhirnya tiba. Pada hari ini, umat Islam melakukan penyembelihan hewan kurban setelah Shalat Id. lalu biasanya dilanjutkan dengan silaturahim spesial Idul Adha.

Biasanya juga ada acara yang dibuat khusus spesial Idul Adha. Salah satunya adalah Upin Ipin yang merupakan animasi ramah untuk anak-anak, dan terkadang mengajarkan nilai-nilai Islami.

Sambil merayakan Idul Adha, yuk kita nonton episode spesial Upin Ipin Idul Adha!

Amal Jariah

“Amal Jariah” (tiga bagian) adalah episode ke-19, ke-20, dan ke-21 dalam musim ke-11 serial Upin Ipin. Episode ini tayang pada September 2017. Secara total episode ini memiliki durasi 18 menitan.

Episode ini bertemakan Hari Raya Idul Adha. Ceritanya Upin dan Ipin belajar mengenai Idul Adha, dan mereka bersemangat ikut Tabung Ibadah Qurban. Namun di sisi lain, mereka takut lembu kesayangan mereka, Sapy bakalan jadi qurban Idul Adha.

Bagian 1

Upin Ipin Idul Adha
Sumber: Les Copaque

Upin, Ipin, dan kawan-kawan bermain hompimpah, untuk menentukan tugas kerja bakti membersihkan surau. Sambil bebersih, mereka mendengar pembicaraan orang-orang tua tentang acara qurban di anjung surau.

Mereka melihat Mail yang bersedekah ke kotak amal. Katanya kali ini dia banyak bersedekah, karena mendapat untung banyak dari berdagang.

Tok Dalang juga memberikan sedekah ke kotak amal, sambil berpesan kepada anak-anak, untuk bersedekah dengan ikhlas tanpa perlu dipamerkan.

| Baca Juga: 4 Perbedaan Spider-Man Miles Morales dengan Peter Parker

Keesokan hari ketika sarapan, Upin dan Ipin bertanya kepada Kak Ros tentang uang yang ia miliki, akan digunakan untuk apa. Kak Ros lalu menjawab, bahwa ia akan menyimpan untuk Tabungan Ibadah Qurban setiap bulan ,supaya dapat menerima bagian lembu qurban pada Idul Adha mendatang. Opah memuji tabungan itu, karena membuat pelaksanaan qurban bisa terencana dengan baik.

Di saat yang bersamaan, Tok Dalang datang membawa oleh-oleh rambutan kepada Upin dan Ipin sambil mengabarkan bahwa ia  mencari lembu Sapi untuk ibadah qurban. Upin dan Ipin terkejut mendengarnya, dan takut Sapy yang mereka sayangi akan diqurbankan.

Bagian 2

Upin Ipin Idul Adha
Sumber: Les Copaque

Upin dan Ipin diam-diam membawa Sapy pergi dari gerai Muthu, ke halaman belakang rumah mereka. Sementara itu, Muthu di gerainya menangis karena kehilangan lembunya, sambil dikunjungi oleh Upin, Ipin dan Tok Dalang.

Upin dan Ipin bertanya tentang niat Tok Dalang untuk mengorbankan Sapy, tetapi Tok Dalang tertawa dan menjelaskan bahwa mereka salah faham. Karena ia hendak beli lembu korban dari sapi kampung sebelah.

| Baca Juga: 6 Kejanggalan di FTV Game Online adalah Istri Kedua Suamiku

Si Kembar itu pun senang karena Sapy selamat. Namun kebahagiaan mereka tidak lama, karena Tok Dalang mengeluh sudah kehabisan lembu dan terpaksa akan menyembelih Sapy. Muthu yang mendengar hal itu pun langsung marah. Tok Dalang sempat mengaku bahwa ia hanya bercanda.

Kemudian, Tok Dalang menyebarkan formulir Tabung Ibadah Qurban ke rumah Opah. Namun Opah sudah mendaftar. Salleh pun datang, dan Tok Dalang menawarkan formulir kepada Salleh. Tetapi Salleh ternyata juga sudah mendaftar.

Kepulangan Upin dan Ipin ke rumah dikejutkan oleh pekikan Kak Ros dari belakang rumah.

Bagian 3

Upin Ipin Idul Adha
Sumber: Les Copaque

Kak Ros yang marah karena menginjak kotoran Sapy di halaman rumah, menghukum adik-adiknya untuk membersihkan kotoran yang berserakan. Setelah membersihkan, Upin dan Ipin membawa Sapy kembali kepada Muthu. Muthu gembira bertemu kembali dengan lembu kesayangannya.

| Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Monkey D Luffy Awal Petualangan Hingga Sekarang!

Salleh pun datang ke gerai, tetapi merasa tidak senang dengan bau busuk Upin dan Ipin. Namun Upin dan Ipin tetap menemani Salleh, yang sedang mengurus pengisian Tabung Ibadah Qurban di komputer. Opah pun muncul di gerai dan meminta supaya Upin dan Ipin dibuatkan akun tabung juga.

Pada saat Idul Adha, Upin dan Ipin bersorak (sambil mengganggu) lembu-lembu qurban. Ada seekor lembu jantan yang terbawa emosi, yang akhirnya mengejar-ngejar Upin dan Ipin. (*)