Home Game Asal Mula Genre Role Playing Game Ternyata dari Kertas dan Pena

Asal Mula Genre Role Playing Game Ternyata dari Kertas dan Pena

sumber: TechRadar

Asal Mula Role Playing Game terciptanya, sangat unik! Berawal dari kertas, pena dan dadu, kemudian berkembang menjadi genre video game yang paling populer.

Kali ini saya akan membahas tentang asal mula genre Role Playing Game, atau dikenal dengan RPG. Genre ini tentu tidak asing bagi kita, menikmat video game.

| Baca Juga: Tak Hanya Street Rage, Shing! Juga Angkat Kembali Beat’em Up Era 90-an

Namun banyak dari kita yang tidak tahu, apa sebenarnya makna dan asal mula dari Role Playing Game tersebut. Banyak yang berpendapat, bahwa semua game yang memiliki cerita pasti termasuk RPG. Apa benar seperti itu?

Sejarah Role Playing Game
Sumber: Gamekult

Sebenarnya Role Playing Game adalah sebuah genre untuk permainan di atas meja (Table Top). Bisa dibilang permainan ini mirip dengan board game (papan permainan), akan tetapi bisa dimainkan tanpa papan.

Seperti istilahnya, Role Playing Game memungkinkan pemainnya, untuk berperan menjadi karakter dalam cerita yang ditentukan sejak awal permainan.

| Baca Juga: Alucard dan Ritcher Belmond Kembali Beraksi di Castlevania Moonlight Rhapsody

Dalam sejarahnya, permainan jenis Role Playing Game dimulai pada abad ke-19. Saat itu banyak orang memerankan permainan perang yang di modifikasi dari permainan papan saat itu, Catur. Nah, dari papan Catur dan bidak, akhirnya muncul berbagai game perang dengan peran. Hingga pada tahun 1971 muncul permainan yang bernama Chainmail.

Sejarah Role Playing Game
sumber: Geek and Sundry

Salah satu pencetus Chainmail, Gary Gygax akhirnya memodifikasi lebih permainan ini dengan temannya, Dave Anerson. Dari kolaborasi keduanya inilah, muncul Role Playing Game pertama yang diberi nama Dungeons & Dragons (D&D). Tentu nama tersebut tidak asing, karena hingga saat ini permainannya masih eksis dan diadaptasi menjadi video game juga.

| Baca Juga: Cara Install English Patch Ragnarok Origin di Android dan Emulator

Dungeons & Dragons berisi dasar peraturan permainan yang bisa dimainkan oleh beberapa orang. Pemain harus mendesain dunia mereka, karakter mereka, dan memainkan peran mereka. Bahkan saat memainkannya, pemain harus mencatat data-data karakter mereka di secarik kertas. Jadi ketika mereka mau bermain kembali, tidak lupa dan semua statistiknya masih ada. Kalau di zaman sekarang, bisa dibilang save data karakter.

Ada banyak daftar yang mencakup Role Playing Game di Dungeons & Dragons, dan elemennya disadur menjadi elemen video game dengan genre sama.

Misalnya dari perkembangan karakter, equipment yang mereka dapatkan, bahkan fitur RNG (random number generator). Kala itu untuk mengukur RNG, pemain menggunakan dadu. Hingga saat ini, sudah banyak jenis dadu yang dirilis termasuk dadu dengan kemungkinan 5% (20 angka).

Sejarah Role Playing Game
Sumber: YouTube

Dalam permainan ini, pemain akan memiliki level, status, equipment yang dipakai, hingga kemampuan-kemampuan mereka berdasarkan Class yang mereka pilih. Untuk meningkatkan level, pemain membutuhkan Experience yang bisa didapat dari membunuh musuh.

Dalam menyerang, pemain juga dihadapkan dengan RNG. Bisa saja seranganmu tidak kena, kena, atau bahkan mendaratkan serangan kritikal.

| Baca Juga: Kumpulan Musik Tales Series Terbaik yang Sulit untuk Dilupakan

Untuk memperadil permainan, terdapat seorang Dungeon Master yang berperan sebagai moderator. Ia akan perperan sebagai NPC, Monster, dan juga Narator. Semua hal yang sudah diputuskannya melalui peraturan yang ada di buku, tidak bisa diubah. Hal itulah yang membuat permainan ini menarik, karena ada hal tak terduga yang bisa menjadi ceritamu sendiri.

Sumber: Wizard of the Coast

Dungeons & Dragons ini sangat terkenal dalam sejarah Role Playing Game. Kala itu, game ini digunakan sebagai story telling. Sementara untuk kesehatan, game ini juga bisa menjadi terapi untuk orang yang memiliki gangguan autism, hyperactif disorder, hingga dyslexia. Sementara itu, banyak yang mengadaptasi game ini menjadi sebuah live-action.

| Baca Juga: Daftar Karakter Tier Tales of Crestoria Terkuat untuk Semua Mode

Menarik bukan? Nah di halaman berikutnya saya akan menjelaskan kelanjutan dari cerita sejarah Role Playing Game di dunia. Jadi simak terus, yah!